Kebiasaan Anak Menggigit Kuku

Written By Kom Limpulnam on Jumat, 20 April 2012 | 15.10

ANAK yang gemar menggigit kuku menandakan bahwa saat itu sedang merasa bosan dan takut. Perasaan dan tindakan ini memang muncul beriringan menjadi sebuah kebiasaan atau nervous habit.

Sehingga tak jarang, anak tanpa sadar telah menggigit kukunya hingga menjadi sangat pendek, bahkan berdarah karena daging di bawah kuku ikut tergigit. Namun, Anda tidak perlu cemas bila si kecil belum melakukannya secara berlebihan.

Anda masih dapat menghentikan kebiasaan buruk tersebut melalui pemaparan berikut, seperti dilansir Boldsky.

- Anda perlu menjelaskan kepada anak bahwa menggigit kuku bukan merupakan kegiatan positif. Anda perlu mengatakan pada anak bahwa kebiasaan buruk tersebut dapat membuatnya ditertawakan teman-teman di sekolah.

- Anda perlu memberi hadiah pada anak ketika kebiasaan buruk tersebut telah berhasil dihindarinya. Hadiah dapat membawa perubahan baginya dan membantunya berkembang ke arah yang lebih positif.

- Anda perlu mengajarkan anak untuk memotong kuku sebanyak satu kali dalam dua pekan. Hal ini perlu dilakukan secara rutin agar kuku anak tidak semakin panjang.

- Anak menggigit kuku ketika mereka merasa bosan dan takut. Karena itu, Anda perlu mengajak mereka melakukan banyak hal positif seperti bermain puzzles, membuat kerajinan tangan, dan membaca buku. Beberapa kegiatan positif ini dapat mengalihkan perhatian anak dan menghindarinya dari kebiasaan buruk mengigit kuku.

- Anda perlu menyediakan sedikit permen di kamarnya guna menarik perhatian. Sehingga anak dapat lebih tertarik mengunyah permen daripada mengigit kuku.

      - Anda jangan memarahinya ketika dia mulai melakukan kebiasaan buruk tersebut. Kemarahan Anda hanya akan membuat anak jadi lebih keras kepala. Anda harus menghadapi hal tersebut dengan sabar dan penuh kasih sayang.

- Cara lain agar anak menghindari kebiasaan buruk mengigit kuku adalah mengizinkannya bermain games. Namun, Anda pun perlu mengatur jadwal bermain anak dengan baik, jangan sampai porsi bermainnya jadi berlebihan Kebiasaan Anak Menggigit Kuku.

Anda sedang membaca artikel tentang

Kebiasaan Anak Menggigit Kuku

Dengan url

http://keluarmini.blogspot.com/2012/04/kebiasaan-anak-menggigit-kuku.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kebiasaan Anak Menggigit Kuku

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kebiasaan Anak Menggigit Kuku

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger